Uncategorized

Semusim

Semusim telah kulalui telah kulewati tanpa dirimu.. Tetapi bayang wajahmu masih tersimpan di hati

Dalam liriknya, tertulis “tak mudah menepis cerita indah”. Ah jelas saja, manusia mana yang sanggup melupakan kenangan indah? Wong kenangan pahit aja kadang masih duka disimpan apalagi yang indah? Sesekali boleh lah diingat lagi yang indah-indah, meski dia sudah pergi.

Dan ketika pendengaranku kembali ditajamkan pada sepenggal kata “semusim”. Perkara merelakan kepergian seseorang, mengikhlaskan, hingga berdamai dengan kisah lalu memang butuh waktu yang tak sebentar. Apalagi jika hatimu benar-benar kau berikan secara utuh padanya. Semusim, dua musim, entah harus melewati berapa musim untuk benar-benar sembuh dari luka, untuk berani menerima hati yang baru, untuk menyiapkan lembaran kisah yang baru.

Perkara lagu semusim mengajarkanku bahwa perihal melupakan memang tak pernah mudah. Selalu ada luka lain yang ditimbulkan saat hati dipaksa untuk segera melupakan. Bukankah manusia memang membutuhkan jeda dan ruang agar segalanya kembali pada porsinya masing-masing? Jika memang sukar bagimu untuk melupakan, tak mengapa. Tapi pastikan pilihanmu untuk memelihara segala kenangan itu tak berlangsung lama. Lepaskan ia satu persatu, biarkan ia melebur bersama dengan upayamu menjadi sosok yang baru. Sosok yang jelas lebih tangguh, sosok yang lebih kuat, dan menjadi sosok yang lebih bermakna dari hari kelammu di masa lalu.

Jika kamu sudah berhasil pada tahap itu, dan ketika perlahan hatimu sudah siap menerima hati yang baru. Biarkan ia jatuh dengan sewajarnya, tak perlu mencintai dengan utuh. Jatuhkan hatimu dengan utuh hanya kepada Tuhanmu. Titipkan cintamu padaNya. Berdoalah agar Ia membantumu untuk menjaga hatimu bersama pasanganmu. Berdoalah agar kisahmu membawa pada kebaikan di jalanNya. Agar sekali lagi tak perlu kau rasakan pahitnya disakiti dan ditinggalkan. Cukuplah bagimu luka yang dahulu, jangan mengulangnya lagi.

Perkara lagu semusim, melupakan adalah bagian dari hidup yang harus dijalani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s